21 June 2013

Contoh Pidato : Kedisiplinan



Assalamu’alaikum Wr.Wb

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman sekalian yang saya sayangi.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untuk berkumpul hari ini. Adapun perihal yang akan saya sampaikan adalah mengenai kedisiplinan di sekolah.
Seperti yang kita telah ketahui, kedisiplinan sangat memegang peranan penting dalam setiap sisi kehidupan, mulai dari lingkup yang terkecil hingga kepada lingkup yang terbesar.

Disiplin sendiri memiliki beberapa pengertian, antara lain yang pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Yang kedua, disiplin diartikan sebagai sesuatu yang berutujuan mengembangkan diri atau berprilaku tertib.
Adapun agar terciptanya prasarana kedisiplinan di sekolah atau di kelas, antara lain sebagai berikut:
Pertama, menciptakan dan menerapkan kesepakatan kelas, kesepakatan di kelas juga dapat disebut sebagai peraturan, bayangkan jika kelas tidak mempunyai peraturan. Kelas akan menjadi ribut lalu guru menjadi mudah emosi dan marah menghadapi tingkah laku siswanya. Sebagai guru terkadang guru merasa harus membuatkan peraturan di kelas kita, padahal akan lebih mudah jika kita melibatkan siswa kelas dalam membuat peraturan, maka mereka akan merasa memiliki atau diingatkan akan peraturan karena mereka sendirilah yang membuat peraturan itu.
Kedua,  menumbuhkan kerja sama, kerja sama merupakan salah satu kunci untuk menumbuhkan kedisiplinan. Untuk melatih kerja sama kita bisa mengajak siswa bermain sambil berlajar dengan menggunakan metode kerja sama. Semakin mudah siswa bekerja sama maka semakin mudah pula kedisiplinan terbentuk.
Ketiga, berkomitmen, peraturan mengenai kedisiplinan di kelas atau di sekolah dapat berbeda-beda. Tetapi ada sebuah hal yang sama yang harus sejalan dengan peraturan yang telah dibuat. Hal tersebut adalah komitmen. Komitmen adalah sebuah sikap yang menjadikan kedisiplinan sebuah yang akan terjadi secara natural dan tanpa dipaksakan. Komitmen harus ditumbuhkan bagi seluruh siswa di kelas. Membiasakan diri agar seluruh siswa saling mengingatkan ketika sebuah kesalahan terjadi. Sebuah kesalahan belum layak disebut sebagai kesalahan apabila baru terjadi pertama kalinya. Kesalahan pertama kalinya disebut sebagai pembelajaran.
Keempat, berpikiran terbuka, dalam menerapkan kedisiplinan dibutuhkan sesuatu yang tertulis yang mengaturnya. Namun tidak berarti peraturan tersebut tidak dapat dikembangkan. Bersama seluruh siswa kelas bisa mengadakan class meeting dengan waktu yang telah ditentukan, guru dalam hal ini mungkin harus bisa menjadi fasilitas yang baik, dan lewat pertanyaan dapat memancing siswa saat membahas mengenai peraturan yang berlaku di sekolah atau di kelas.
Ya, adapun kesimpulan bagi pidato saya kali ini adalah bahwa kedisiplinan itu sangat diperlukan dalam semua aspek kehidupan baik di lingkungan sekolah atau masyarakat. Namun demikian kedisiplinan harus dilakukan dan hal itu dapat dimulai dari diri kita sendiri.
Demikian pidato yang saya sampaikan mohon maaf bila ada salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment